Selasa, 19 September 2017

Perpanjangan STR Online

Perpanjangan STR Online

Perpanjangan STR Online - Salam teman dekat tenaga kesehatan indonesia, apakah kalian sempat mengurusi STR (Surat tanda registrasi) ? Rumit Bukan… Tetapi saat ini kita tidaklah perlu cemas sekali lagi karna kecemasan tenaga kesehatan juga akan rumit serta lamanya dalam sistem pengurusan STR bisa sedikit diringan kan dengan hadirnya situs pendaftaran STR on-line Yang sudah di buka oleh majelis tenaga kesehatan Indonesia (MTKI) yang sudah dibuka pada tanggal 1 maret 2017. (Semua tenaga kesehatan bisa lakukan registrasi STR dengan on-line Terkecuali Dokter, Dokter gigi, Serta Tenaga Farmasi) lewat Situs mtki. kemkes. go. id 
Prasyarat –syarat registrasi on-line STR tenaga kesehatan yang diadakan mtki 
Mempunyai alamat e-mail sendiri 
Ktp (KTP) Peserta 
NPWP (bila ada) 
Alamat Korespondensi (Bila alamat berlainan dengan rumah. 
Alamat tempat kerja bila telah bekerja. 
Ijazah Terakhir 
Foto copy Sertifikat Kompetensi untuk yang telah melakukan ujikom (Bidan, Perawat, Ners, serta Kesmas). *untuk Registrasi baru 
Surat referensi kecukupan SKP dari Organisasi Profesi (*untuk Reregistrasi/Perpanjangan STR) 
Bukti Pembayaran (PNBP) sebesar Rp. 100. 000, 00 (seratus ribu rupiah) lewat pembayaran system Simponi/MPNG2 
sistem pembayaran simponi/MPNG2 sudah diintegrasikan di dalam aplikasi registrasi STR dengan on-line lewat situs mtki. kemkes. go. id dengan dikeluarkannya kode pembayaran untuk dibayarkan oleh pemohon lewat teller atau ATM di 76 bank persepsi. 
Dan sudah diputuskan mulai tanggal 1 mei 2017 tempo hari mengajukan registrasi ataupun reregistrasi STR dengan manual dihentikan. 

Tersebut surat Pemberitahuan dari kementrian Kesehatan RI tentang registrasi STR tenaga kesehatan on-line. 
Langkah Registrasi On-line STR Tenaga KesehatanCara Registrasi On-line STR Tenaga Kesehatan 

Sesudah semuanya prasyarat di atas lengkap, 
Tersebut up-date Langkah Registrasi On-line STR Tenaga Kesehatan 

Cara Perpanjang STR Perawat Online

Masuk ke alamat situs mtki click link mtki. kemkes. go. id serta juga akan keluar penampilan seperti berikut ini : 



Sesudah keluar gambar seperti di atas click registrasi, sesudah kamu click nanti juga akan keluar gambar seperti berikut ini : 


Sesudah keluar seperti gambar di atas, kamu segera memasukkan alamat e-mail kamu serta click bacaan “saya belum juga mempunyai pin” yang ada pada samping kiri bawah. sesudah kamu mengklik " aku belum juga mempunyai pin ". 

isi semuanya kolom alamat e-mail sesuai sama alamat e-mail kamu serta isi code verifikasi kemudian click request code seperti yang diperlihatkan tanda panah pada gambar di atas setelah itu pin kamu juga akan automatis masuk kedalam e-mail kamu, 

kemudian masukan kode pin yang di kirim keemail kamu kedalam kolom pada situs mtki yang sudah disiapkan seperti pada gambar di atas. Kemudian masukan kode verifikasinya, kemudian click kata “masuk” 

Jika kamu berhasil masuk lalu juga akan keluar kalimat begini “Saya Belum juga sempat Registrasi STR On-line ataupun Manual, setelah itu click kata dalam kurung “ (Click di sini) ” seperti pada gambar di bawah untuk isi data untuk yang registrasi baru, serta click " terlebih dulu aku telah sempat lakukan registrasi manual serta sekarang ini aku juga akan lakukan registrasi ulang dengan on-line " untuk isi data untuk yang registrasi ulang. 
untuk registrasi baru 
untuk yang belum juga sempat lakukan registrasi str jadi sesudah mengklik " aku belum juga sempat sekalipun registrasi on-line atau manual juga akan keluar penampilan seperti di bawah 



masukan kode kampus kamu, silakan kunjungi website http :// forlap. dikti. go. id/perguruan tinggi untuk ketahui kode Kampus Saudara merampungkan pendidikan Perguruan Tinggi lalu isilah semuanya formulir yang disuruh hingga usai. 

untuk registrasi ulang 
sesudah kamu mengklik " terlebih dulu aku telah sempat lakukan registrasi manual serta sekarang ini aku juga akan lakukan registrasi ulang dengan on-line " seperti pada gambar di bawah 


kemudian isilah nama, tempat lahir serta tanggal lahir, jika sesuai sama database MTKI jadi kelak juga akan keluar situs yang menyebutkan " selamat datang kembali mr " x " diregister ulang on-line majelis tenaga kesehatan Indonesia, kemudian click procced, lalu isilah formulir yang ada sesuai sama perintah Sesudah formulir di isi serta semuanya sistem usai. taruh data serta log out. 

setelah lakukan penyimpanan data kerjakan pembayaran registrasi on-line lewat cara, click " kode billing " sesudah kamu mengklik juga akan keluar penampilan seperti di bawah ini 




Pakai Kode Pembayaran mirip contoh diatas untuk dibayarkan di 79 Bank Persepsi, disarankan untuk lakukan pembayaran di Teller, cuma sebagian Bank saja yang bisa mengakomodir pembayaran lewat ATM maupun Internet Banking. Besarnya pembayaran untuk PNBP Rp. 100. 000, 00 (seratus ribu rupiah). Bila tempat pembayaran jauh, Saudara bisa keluar aplikasi dengan mengklik “Logout”, lalu masuk kembali pada aplikasi dengan memakai e-mail serta PIN yang didapat, saat yang didapatkan oleh system untuk membayar PNBP sepanjang 7 hari. 

Bila telah lakukan pembayaran, masuk kembali kedalam aplikasi lalu click “Konfirmasi Pembayaran” untuk merefresh sistem pembayaran 


Bila transaksi berhasil jadi kamu dapat lakukan step “Selanjutnya” 


note : untuk pemohon yang sudah membayarkan ke rekening BPn182 Pusat Penambahan Kualitas SMD Kes, tidak bisa meneruskan on-line sejak tanggal 16 Juni 2017. Tetapi masih tetap dapat diusulkan registrasi dengan manual lewat MTKP Provinsi* (bila diusulkan on-line berharap membayar PNBP dengan memakai kode billing yang didapat 

sesudah mengklik " setelah itu " jadi juga akan keluar penampilan untuk mengupload fhoto kamu. 

silakan click unggah " cocok photo " untuk mengupload fhoto kamu lalu juga akan keluar penampilan seperti dibawah 

lantas teruskan dengan mengklik " browse " pastikan photo yang juga akan di unggah kemudian click unggah, Yakinkan ukuran photo tidak lebih dari 500 kb, dengan format jpg, png, atau jpeg serta berlatar belakang merah (rapi serta sopan). 


Sesudah Unggah Photo berhasil 100%, lalu “Klik Sistem Percetakan Formulir” 


Hingga dilaman ini pengisian data-data pendaftaran STR on-line Saudara sudah usai, Lalu click “CETAK FORMULIR DISINI” untuk cetak data yang sudah kamu buat. 

sesudah formulir usai diciptakan janganlah lupa di tandatangani lembar ke-3 formulir pada kolom tanda tangan yang sudah disiapkan, Sesudah semua usai lengakpilah berkas berikut ini lalu masukan dalam amplop yang nanti diperuntukkan ke MTKP di mana tempat kamu bertempat. 



Isi Berkasan mengajukan STR yang juga akan di kirim ke MTKP Sebagi tersebut : 
Lembar cheklist serta Formulir pendaftaran registrasi 
Photo 4x6 latar belakang merah 
Kartu Tanda Masyarakat (KTP) 
Foto copy Ijazah (dilegalisir) 
Surat Info Sehat dari dokter yang sudah mempunyai SIP 
Foto copy Sertifikat Kompetensi untuk yang telah melakukan ujikom (Bidan, Perawat, Ners, serta Kesmas). *untuk Registrasi baru 
Surat referensi kecukupan SKP dari Organisasi Profesi (*untuk Reregistrasi/Perpanjangan STR) 
Bukti Pembayaran (PNBP) sebesar Rp. 100. 000, 00 (seratus ribu rupiah) lewat pembayaran system Simponi/MPNG2 
CATATAN : 


Pengambilan STR yang sudah terbit, baru dapat dikerjakan di MTKP (tidak di kirim ke alamat pemohon) 
Bila ada kekeliruan pada data pribadi, berharap dikoreksi di MTKP. Bila tidak sangat mungkin, mohon sertakan info yang diisi kekeliruan tersebut perbaikannya berbarengan dengan berkas yang di kirim ke MTKP (bila di kirim lewat Pos) 
Untuk lulusan Tenaga Kesehatan di bawah D3, berharap memajukan STR dengan manual lewat MTKP (terkait dengan data sekolah/perguruan tinggi yg tidak tercatat di PDDIKTI) 
Berkas yang dapat dilayani oleh MTKP berdasar pada : Alamat KTP, Institusi Pendidikan atau Alamat Korespondensi sesuai sama Propinsi MTKP setempat 
Makin cepat berkas di terima oleh MTKP, jadi makin cepat STR diterbitkan oleh MTKI 
Untuk ketahui data kamu telah atau belum juga terdaftar di Pangkalan Data DIKTI (PDDIKTI), silakan masuk di forlap. ristekdikti. go. id lalu click “Pencarian Data” serta click “Profil Mhs” serta isi berdasar pada data yang di cari. Bila belum juga terdata mohon untuk menghubungi pihak Kampus untuk mendaftarkan atau mengedit nama Saudara dengan on-line. 
Setelah itu check Status Registrasi untuk ketahui sejauh mana berkasan yang telah kamu kemukakan, langkahnya yakni click menu lalu masukan kode berkas serta tanggal lahir lantas click “cek status” kode/nomor berkas di terima lewat e-mail kamu seelah MTKP kirim data ke MTKI. 

untuk langkah check status registrasi on-line tenaga kesehatan dengan lengkap bisa kamu saksikan disini 
terima kasih sudah membaca " langkah registrasi str on-line tenaga kesehatan " mudah-mudahan berguna.

1 komentar:

  1. Bagaimana kalau kita sudah terlanjur melakukan pembayaran ke rekening BPn182 sebelum registrasi tanpa sistim simponi???

    BalasHapus