Selasa, 01 Agustus 2017

Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan Sales dan Marketing - Satu hari saat aku & rekan aku sekali lagi nonton TV di Sydney, Australia sembari bercakap ngalor-ngidul. Akhirlah hingga juga pada diskusi bedanya marketing, sales serta PR, dalam bhs indo ini berarti pemasaran, penjualan, serta hubungan orang-orang. ohya teman aku ini kuliah jurusan komunikasi, jadi rada nyambung dengan juga topik ini. aku rasa juga akan panjang sekali bila menulis dialog diskusi itu di sini. Oleh karenanya, aku segera saja ke dasarnya yah : 

pertama-tama, yang namanya company itu tentu miliki sisi marketing. mengapa? karna sisi marketing bertugas untuk pasarkan product perusahaan itu. contoh kerjaan orang2 marketing : presentasi ke client, gunakan iklan, buat selebaran, traktir makan calon cient, dengarkan cerewetnya client, dan lain-lain. dasarnya bagaimana agar orang2 itu tertarik & beli itu product. sisi marketing ini yaitu ujung tombak company, karna lewat dialah product perusahaan terjual. orang marketing umumnya bisa insentif lebih dari pegawai yang lain, karna umumnya dia dapet bonus dari tiap-tiap penjualan yang dia kerjakan. agar lebih menaikkan motivasi gitu. tapiiii stressnya juga gede karna kerjaannya ditarget. hehehe.. jika ngak nyampe tujuan, dapat terkena pinalti. 

jika perusahaannya rada gede sekali lagi, dia juga akan miliki sisi sales. nah, sisi ini fungsinya untuk mengurus sisi yang lebih tehnis dari satu penjualan. contoh : buat quotation (penawaran). jadi umpamanya nih, orang marketing cuap2 mengenai product perusahaan. trus si customer nanya bagaimana jika aku ingin pesan product dengan modifikasi begini & begini. nah ini tugasnya si sales buat ngitung harga nya serta ngasi quotation (penawaran) ke customer. sisi sales ini ada juga technicalnya juga, namanya technical sales. Fungsinya sudah pasti mengulas hal2 tehnis dari keinginan customer. contoh satu operator beli barang dari vendor. lalu kan tentu ada maintenancenya tuch? nah si technical sales ini nanti juga akan mempersiapkan quotation dengan sales yang lain untuk lalu di kirim ke customer. 

Perbedaan Sales dan Marketing

jika organisasinya lebih besar, jadi umumnya juga akan keluar sisi PR (public relation aka. humas). contoh pekerjaan humas yaitu supaya public lebih mengetahui perusahaan itu, serta melindungi image baik perusahaan. contoh pekerjaan humas : jadi juru bicara perusahaan, buat conference pers, buat majalah internal & eksternal perusahaan, buat & maintenance situs, membuat aktivitas sosial, dan lain-lain. 

Dari bagian requirement kuliah, kuliah komunikasi seperti yang teman aku ambillah di usyd (university of sydney) ini membutuhkan IELTS yang relatif tinggi. umumnya untuk jurusan non-engineering (komunikasi, law, dan lain-lain) mensyaratkan skor IELTS minimum 7!!. tujuh bo, tujuh!!. ini mungkin saja karena dalam kuliahnya memanglah membutuhkan banyak pemakaian bhs inggris bila dibanding dengan jurusan engineering yang banyak bicara dengan symbol universal.  

nah demikian kurang lebih narasi mengenai marketing, sales, & PR… terima kasih sudah membaca 🙂

pengertian sales marketing hotel
pengertian sales marketing menurut para ahli
pengertian sales executive
pengertian sales menurut para ahli
gaji sales marketing
tugas marketing adalah
tugas sales di perusahaan
definisi sales
marketing itu kerjanya ngapain
apa itu marketing bank
tugas seorang sales marketing
berapa gaji marketing
tugas marketing executive adalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar